Suka Informasi

Sabtu, 11 Maret 2017

Biaya Operasi Polip Hidung

Biaya Operasi Polip Hidung - Keadaan sakit tidak enak, tidak nyaman, bahkan sampai menganggu aktifitas sehari-hari.  Pentingnya sekali dalam menjaga kesehatan,  karena sehat itu mahal, apalagi sakit lebih mahal, jika anda sedang memiliki masalah penyakit polip hidung yang sudah teralu lama dan dibiarkan bergitu saja smpai jalan kesembuhannya harus dioperasi yang pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Biaya Operasi Polip Hidung

Menurut informasi yang kami dapatkan biaya operasi untuk penyakit polip hidung terbaru itu sekitar Rp.10.000.000,- sampai Rp.24.000.000,- biaya tersebut tergantung rumah sakit umum atau swasta karena biasnya rumah sakit swasta yang memiliki pelayanan terbaik, sehingga rincian biayanya pun lebih mahal daripada rumah sakit umum. Semua biaya tersebut juga belum termasuk obat yang harus ditebus sesudah operasi.

Maka dari itu menjanga kesehatan lebih penting , mencegah sakit itu lebih baik, jika sudah meraskan gejala penyakit harus cepat diatasi jangan dibiarkan, karena penyakit semakin lama dibiarkan akan semakin parah. Termasuk anda yang sedang menderita penyakit polip hidung.

Polip hidung adalah suatu benjolan yang  tumbuh dalam rongga hidung. Pada awal keberadannya tidak menimbulkan rasa sakit sehingga kebanyakan orang sering mengabaikannya, namun lama kelaman akan semakin parah bahkan sampai mengganggu pernafasan anda, adanya penyumbatan dalam hidung menganggu saluran pernafasan, karena benjolan yang tumbuh semakin besar.
Jika sudah seperti itu aktifitas anda sehari-hari menjadi terganggu.

Polip hidung dapat terjadi pada siapa saja, tua, muda, anak-anak, laki-laki maupun perempuan bisa menderita penyakit polip hidung, penyebab pastinya polip hidung belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa penyakit yang berkaitan dengan THT memiliki resiko dapat menyebabkan polip hidung diantaranya seperti :
  • Penyakit asma
  • Alergi yang terus terjadi akan menyebabkan radang pada selaput hidung yang kemudian membentuk polip pada hidung.
  • Kemudian radang kronis yang terjadi berulang-ulang pada mukosa dan sinus paranasal juga dapat menyebabkan pertumbuhan polip pada hidung.

Adapun beberapa gejala yang bisa anda rasakan untuk menandai adanya penyakit polip hidung ini diantaranya :
  • Pilek yang belangsung lama dan terus menerus
  • Adanya penyumbatan pada hidung
  • Sulit bernafas
  • Indera penciuman tidak berfungsi baik
Pengobatan polip hidung 
Dengan menggunakan obat polip Hidung yang bertujuan untuk mengurangi reaksi peradangan, sehingga dapat membantu mengurangi ukuran polip dan meredakan gejala hidung tersumbat. 
Obat polip yang dapat digunakan diantaranya : 

  • semprot hidung Steroid , Contohnya flutikason (Veramyst, Flonase), 
  • budesonide (Rhinocort), dan mometasone. 
  • Jika semprotan hidung tidak bekerja efektif maka harus  menggunakan Steroid oral atau injeksi. Namun tidak boleh digunakan dalam jangka waktu yang panjang karena efek samping yang serius, seperti retensi cairan, hipertensi, dan glaukoma. 
  • Golongan Antihistamin dan antibiotikpun dapat diresepkan untuk mengobati alergi atau infeksi sinus yang dapat menyebabkan peradangan pada hidung.
 Jika terapi obat tidak mampu mengecilkan atau menghilangkan polip hidung, Tenaga medis umumnya akan menyarankan tindakan operasi untuk mengangkat polip hidung anda, jenis operasi yang akan dilakukan juga tergantung dari ukuran (besar,kecil), jumlah, lokasi polip dan tingkat peradangan. 

Jenis pembedahan yang dapat dipilih untuk polip hidung antara lain:
  • Polypectomy. Dengan menggunakan perangkat hisap mekanis berukuran kecil atau microdebrider (instrumen untuk memotong dan mengekstraksi jaringan lunak) dapat  menghapus  sepenuhnya Polip kecil atau yang terisolasi. Prosedur ini (polypectomy) dilakukan secara rawat jalan. ·   
  • Anda mungkin perlu operasi untuk mengangkat polip dan untuk memperbaiki masalah dengan sinus yang membuat mereka rentan terhadap perkembangan dan polip, yaitu dengan operasi sinus endoskopi. Para ahli bedah akan menyisipkan suatu endoskop, yaitu suatu tabung kecil dengan lensa pembesar atau kamera kecil ke dalam lubang hidung anda serta mengarahkan mereka ke rongga sinus. Instrumen kecil ini digunakan untuk menghapus polip dan penghalang lain yang menghalangi aliran cairan dari sinus. Dokter bedah juga dapat memperbesar bukaan yang mengarahkan sinus ke saluran hidung. 
Dokter mungkin akan merekomendasikan penggunaan air asin (salin) bilas untuk mempercepat penyembuhan setelah operasi.

Operasi itu pastinya memerlukan keberanian karena fisik dan mental harus siap
Laluu setelah operasi kesembuhan bisa langsung anda dapatkan ?? tidak semudah itu, karena setelah operasi anda tetap harus melakukan pengobatan, biasanya dokter akan menyarankan anda untuk menggunakan semprot hidung kortikosteroid untuk membantu mencegah kembali pertumbuhan polip hidung.  
Mulai dari sekarang jangan pernah menyepelekan dan membiarkan suatu penyakit tanpa penanganan yang tepat karena suatu waktu penyakit dapat bertambah parah dan menimbulkan permasahan penyakit baru jangan sampai komplikasi penyakit terjadi pada anda, karena polip hidung juga berawal dari penyakit biasa.

Lakukan pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan dalam hal apapun !

Ingat !!!!

Mencegah lebih baik daripada mengobati.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar